reeding english

Jumat, 13 November 2009
Belajar Bahasa Inggris

Tips Bahasa Inggris Untuk Pelajar, Mahasiswa, Pegawai atau Karyawan dan Anda Semua Pemain Bisnis Online dan Internet Marketing
Kosakata Pinjaman dalam Bahasa Inggris
Belajar Bahasa Inggris May 10th, 2009 by EF | 3,794 views
Salah satu karakteristik utama dari bahasa Inggris adalah kosakata yang padat. Sekitar 80% kata dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa lain! Hal ini menjadikan bahasa Inggris modern benar-benar sangat kompleks. Hal ini jugalah yang menjadikan bahasa Inggris tidak mudah untuk dikuasai.
Pengadopsian bahasa asing ini sudah muncul sejak berabad-abad yang lalu, yaitu sejak pengguna bahasa Inggris mulai mengadakan kontak dengan bangsa dari budaya yang lain; terlebih saat bangsa Inggris dijajah oleh bangsa Romawi, Viking dan Norman serta saat bangsa Inggris menjajah negara lain, seperti Amerika dan India. Tidak hanya melalui penjajahan, penyerapan bahasa ini juga terjadi melalui kolonialisasi, perdagangan, migrasi, perjalanan wisata maupun kegiatan ekspedisi.
Bahasa Inggris sangat banyak meminjam kata dan unsur dari bahasa-bahasa Eropa dan Timur Dekat, yang mencakup bahasa Yunani, Latin, Perancis, Jerman, Spanyol, Italia dan Belanda. Selain itu, banyak pula unsur-unsur yang diserap dari berbagai bahasa di Asia. Ini salah satunya dijembatani oleh bahasa Belanda, bahasa ibu dari bangsa pelaut yang mendominasi sebagian daerah di Indonesia pada abad ke-17.
Banyak dari kata-kata pinjaman ini yang sudah sangat tidak asing lagi dan telah berasimilasi penuh ke dalam bahasa Inggris seperti ambassador, candy dan lemon. Beberapa yang lainnya masih memiliki asosiasi yang sangat kental dengan negara asalnya, seperti nama makanan etnis atau bangsa tertentu (contohnya: kebab, kung pao chicken dan soju) ataupun nama aliran bela diri tertentu (contohnya: kung fu, taekwondo dan judo).
Berikut adalah sejumlah kecil contoh kata-kata dari bahasa tertentu yang diadopsi oleh bahasa Inggris:
• Bahasa Afrika: commando (komando), slim (langsing), trek (perjalanan)
• Bahasa Arab: alcohol (alkohol), monsoon (musim hujan), zero (nol)
• Bahasa Belanda: boss (bos), cookie (kue), lottery (lotere)
• Bahasa Denmark: fog (kabut), kidnap (culik), ombudsman (ombudsman)
• Bahasa Hindi: avatar (inkarnasi), jungle (hutan), shampoo (shampo)
• Bahasa Hungaria: coach (bus), itsy-bitsy (kecil), saber (pedang)
• Bahasa Italia: bankrupt (bangkrut), opera (opera), umbrella (paying)
• Bahasa Jepang: karaoke (karaoke), soy (saus kecap), tycoon (hartawan)
• Bahasa Jerman: blitz (kilat), dollar (dolar), muffin (muffin)
• Bahasa Kanton: ketchup (kecap), silk (sutra), wok (wajan)
• Bahasa Latin: calendar (kalender), data (data), uniform (seragam)
• Bahasa Mandarin: Japan (jepang), kowtow (bersujud), typhoon (angin topan)
• Bahasa Melayu: bamboo (dari kata ‘bambu’), compound (dari kata ‘kampung’), mangosteen (dari kata ‘manggis’)
• Bahasa Mesir: ebony (kayu hitam), ivory (gading), paper (kertas)
• Bahasa Norwegia: iceberg (gunung es), ski (ski), walrus (anjing laut)
• Bahasa Perancis: ambulance (ambulans), parachute (parasut), sauce (saus)
• Bahasa Portugis: breeze (angin sepoi-sepoi), coconut (kelapa), marmalade (selai jeruk)
• Bahasa Sansekerta: candy (permen), orange (jeruk), sugar (gula)
• Bahasa Tamil: anaconda (anaconda), curry (kari), mango (mangga)
• Bahasa Turki: caviar (kaviar), tulip (tulip), yoghurt (yoghurt)
• Bahasa Viking/Skandinavia: berserk (pengamuk), husband (suami), window (jendela)
• Bahasa Yunani: athlete (atlet), democracy (demokrasi), museum (museum)
Tulisan ini merupakan kontribusi dari EF, penyedia kursus Inggris untuk anak-anak, remaja, dewasa dan perusahaan. Asah terus kemampuan Anda, jangan menyerah dalam belajar bahasa Inggris!
Related Posts:
• Nuansa dalam bahasa Inggris: Ask, Inquire atau Require?
• Alasan Belajar Bahasa Inggris: Mengapa Bahasa Inggris?
• Greetings dalam Bahasa Inggris
• Fakta Unik Mengenai Bahasa Inggris
• Bagaimana Bahasa Inggris Berkembang
• Kata Benda: Kata Sandang, Bentuk Jamak dan Atribut Kepemilikan
• Ya, Belajar Bahasa Inggris Itu Investasi
• Belajar Bahasa Inggris Itu Seperti Orang Bikin Kue
• Mengapa Kemampuan Bahasa Inggris Saya Kurang Berkembang?
• Thank You Untuk Pak Wendra Dari EnglishFirst.Co.Id
• Mengapa Kamus Bahasa Inggris Saja Tidak Cukup?
• Bisa Bahasa Inggris Karena Terpaksa
• Selamat Tahun Baru 2009!
• Bahasa Inggris Itu Lucu Dan Rumit :)
• No Deal 2 Milyar!

1 komentar:

ANNIKA AMAHLE MOKOENA mengatakan...

Semua terima kasih kepada mrs KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya selepas ditangkap oleh orang-orang palsu yang kerang menjadi peminjam pinjaman.
Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di bandar Johannesburg. Suatu bulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman dalam talian dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeza di internet dan saya memohon dari mereka dan semua saya mendapat adalah penipu saya menggunakan lebih daripada 2 syarikat dan saya ditipu semua melalui. Jadi saya berputus asa sehingga saya memutuskan untuk memeriksa lagi jika saya akan mencari bantuan seperti yang saya cari dan saya menetap untuk mencari syarikat pinjaman legit saya jumpa syarikat ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY saya melihat banyak testimoni yang dimaklumkan oleh orang dia tetapi kerana saya ditipu secara serentak saya fikir ia adalah penipuan tetapi saya melakukan apa yang saya diminta lakukan dan saya menunggu untuk pinjaman saya dan Puan KARINA ROLAND memberitahu saya dalam masa kurang dari 24 jam anda dengan pinjaman saya dengan selamat saya tidak percaya sebab saya fikir ia juga satu penipuan sehingga hari itu adalah waktu malam di Afrika Selatan dan saya tidur pagi esok ketika saya bangun saya menerima amaran dari akaun bank saya dan segera saya memanggil pengurus bank saya untuk mengesahkan dan pengurus bank memberitahu saya untuk datang ke bank dengan serta-merta dan saya pergi dengan serta-merta ketika saya sampai di sana pengurus bank memeriksa akaun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yang Dolar Amerika Syarikat dan saya menjelaskan kepada pengurus saya bahawa saya memohon pinjaman dalam talian dan bank saya pengurus terkejut jika ada masih sebuah syarikat pinjaman sebenar dan legit online saya sangat gembira semua terima kasih kepada MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet kerana saya melihat orang lain melakukannya dan memberi keterangan tentang syarikat ini sebabnya saya menghantar mesej ini secara online kepada sesiapa sahaja yang memerlukan pinjaman walaupun anda telah ditipu sebelum memohon dari syarikat ini dan yakinlah bahawa syarikat ini tidak akan membiarkan anda turun. Salam kepada sesiapa sahaja yang membaca mesej saya dan anda boleh menghubungi syarikat ini melalui pos (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp sahaja +13128721592, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, anda boleh menghubungi saya juga untuk lebih lanjut maklumat ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

Posting Komentar