Mendidik Dan mengatasi Anak Yang Suka Membantah (MANUSIA DAN HARAPAN )

Kamis, 17 Maret 2011
Sikap anak yang kerap membantah memang menjengkelkan.Tapi sikap tersebut jangan terlalu membuat Anda risau. Cukup kompromikan, karena semua anak pasti akan melewati masa ini.
Contoh kasus :
Boris kini donyan membantah kedua orang tuanya. apa yang dirasa tidak tepat untuk dirinya, dengan mudah dia membantah perintah atau larangan dari orangtuanya. Tabiat baru ini mulai muncul semenjak Boris memasuki sekolah dasar. Boris kini doyan sekali membantah,misalnya seperti ini “Bodo, pokoknya aku mau main komputer, jadi nyalain komputernya sekarang,” teriak Boris Luhung, 8. Tapi sang bunda sepertinya tidak mengizinkan buah hatinya untuk bermain komputer lagi. Karena merasa diabaikan, Boris pun menangis sejadi-jadinya dengan harapan sang ibu menyalakan komputer dan mempersilakan bermain komputer.

Membantah memang sesuatu yang alamiah dan normal. Namun apabila anak sering membantah dan tetap membantah jika diingatkan, maka orangtua harus mewaspadainya sebagai salah satu permasalahan dalam perkembangan anak.Jika anak doyan membantah memang membuat orangtua jengkel, seperti apa yang dilakukan oleh Boris.
Namun, layaknya anak kecil yang terkadang merasa benar, jika bantahannya dilawan, pasti akan menangis atau balik melawan omongan orangtua.maka itu kita tidak boleh melawan kepada kedua orang tua kita yang sudah membesarkan kita dan merawat kita di waktu kecil.

Cara Mengatasinya :
- Orangtua harus bisa menjadi contoh yang baik. Saat anak umur 8 tahun misalnya, mereka bisa membantah sebagai wujud protes, seperti pada anak yang dilarang untuk bermain terlalu banyak.
- Harusnya orang tua harus bisa saling sharing dengan anaknya agar tidak tejadi konflik yang tidak di inginkanya
- Orang tua harusnya mengajarkan anaknya cara berbicara yang baik dan sopan kepada semua orang.
- Harus bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk kepada anaknya,dan menjelaskan kepada ananya tentang perbedaan dan mencari jalan tengahnya dalam mengahadapi sesuatu bukan untuk membantah kedua orang tuanya..


http://www.voa-islam.com/muslimah/education/2010/11/26/11997/inilah-cara-mendidik-dan-mengatasi-anak-yang-suka-membantah/

0 komentar:

Posting Komentar