Rupiah Semakin Jauh dari Rp9.000

Jumat, 16 April 2010

Rupiah Semakin Jauh dari Rp9.000

JAKARTA - Setelah sempat mengalami penguatan tipis dan hampir menembus level Rp9.000 per USD, nilai tukar rupiah kembali mengalami pelemahan tipis.
Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), Jumat (16/4/2010), kurs tengah rupiah melemah di Rp9.018 per USD. Sebelumnya, rupiah berada dilevel Rp9.004 per USD. Sementara menurut yahoofinance, rupiah berada di posisi Rp9.002,5 per USD, di mana kisaran perdagangan harian rupiah berada di kisaran Rp9.002-Rp9.022 per USD.Seperti dikutip dari Valbury Securities, munculnya kembali concern defisit Yunani menjadi pemicu lain yang menyebabkan naiknya aset-aset safe haven seperti USD, obligasi dan Emas. Padahal, pihak Yunani telah mengajukan pertemuan resmi (official talk) dengan otoritas Eropa dan IMF, yang dapat merupakan langkah maju untuk memperoleh emergeny loan yang dijanjikan Uni Eropa akhir minggu lalu.
Yield spread obligasi untuk notes 10 tahun antara Yunani dan Jerman mengalami peningkatan mendekati rekornya, namun terkoreksi kembali di penutupannya. Besarnya yield spread obligasi Yunani dengan Jerman tersebut merupakan reaksi dari meningkatnya kekhawatiran pasar terhadap isu defisit Yunani.Sementara rebound safe haven USD menekan harga komoditas minyak, sementara harga obligasi di pasar Treasury AS naik karena pesimisme data jobless claims yang meng?counter perbaikan di sejumlah sektor ekonomi lainnya. Crude oil terkoreksi dari penguatannya di sesi awal, diperdagangkan melemah di areal USD85,5 per barel pada penutupan semalam.
Optimisme pertumbuhan ekonomi Cina gagal mempertahankan peningkatan harga minyak dunia tersebut, yang Rabu sebelumnya melonjak hingga dua persen. Euro mengalami tekanan terhadap mayoritas mata uang utama dunia, setelah dalam lima hari perdagangan sebelumnya mencatat kenaikan. Dan tekanan euro terhadap USD merupakan yang terbesarnya selama tiga minggu. Euro turun ke 1,35 per USD yang merupakan level terendah minggu ini, setelah sempat menguat hingga mendekati areal 1,37 per USD pada Senin lalu.
Safe haven USD rebound terhadap mayoritas mata uang utama dunia, namun masih melemah terhadap yen di bawah level 83 per USD. Emas mempertahankan rebound setelah sempat mencapai day high USD1.161,3 per troy ounce.(wdi)

0 komentar:

Posting Komentar